Minggu, 23 September 2012

Komutta & Streetdirectory: Aplikasi Android Untuk Warga Jakarta dengan Mobilitas Tinggi


Ada saat-saat saya harus mengelilingi kota tempat turun-temurun keluarga saya berdiam. Sedikit-sedikit saya harus melihat peta Jakarta dan mencari informasi angkutan umum di internet. Untunglah, zaman sekarang yang namanya teknologi terus berkembang. Dengan berbekal ponsel ber-platform android dengan dua aplikasi yang senantiasa mendampingin saya, mengililingi Jakarta pun bukan hal yang sulit lagi.

Tampilan komutta
Aplikasi pertama adalah komutta. Aplikasi ini sangat membantu saya saat saya harus mengililingi Jakarta dengan transjakarta. Tinggal tik dari halte mana kita berangkat dan halte tujuan kita. Otomatis aplikasi ini akan memunculkan halte-halte busway yang akan kita lewati dan halte tempat transit. Untuk informasi jalur-jalur khusus belum ada di aplikasi ini, tapi aplikasi ini membuat kita bisa melihat CCTV dari halte transjakarta tertentu, hebat bukan? Selain info transjakarta, aplikasi ini juga menyematkan jadwal kereta (memang sih kadang jadwalnya meleset), ada alarmnya pula agar kita tidak ketinggalan kereta. Nomor telepon untuk taksi yang ada di Jakarta juga ada. Daftar angkutan umum juga oke.
Tampilan Streetdirectory

Aplikasi kedua adalah streetdirectory. Aplikasi ini berupa map, ada juga sih info tentang perusahaan, tapi saya lebih suka dengan aplikasi map-nya. Lalu kenapa saya tidak menggunakan google map? Saya merasa aplikasi lebih lengkap dibanding google map. Setahu saya sih (maap kalau salah) streetdirectory langsung ke lapangan dengan berbekal GPS, sedangkan google map lewat setelit.

Memang ya, zaman sekarang teknologi makin maju saja. Jadi, saya nggak perlu khawatir lagi tersesat di kota tempat kelahiran saya ini.

3 komentar:

Unknown mengatakan...

wiiih..oke nih referensinya.. berguna banget buat yg suka disorientasi arah ky gw.. :D Gw baru tau nih Ruun.. thx yaa.. ;)

Unknown mengatakan...

sama-sama Rince... :D

ayudevistory mengatakan...

Tersesat di kota kelahiran.. Hadeeeehhh cape deh runnnn..

Posting Komentar